SEO

Senin, 03 Januari 2011

Search Engine (Mesin Pencari) pasti sudah sangat terkenal di dalam dunia per-blog-an. Soalnya, search engine menjadi salah satu parameter kesuksesan sebuah blog maupun website. Semakin tinggi posisi kita dalam search engine, maka semakin terkenal-lah website kita. Kira-kira begitu lah ilustrasinya. Makanya banyak banget para blogger berlomba-lomba untuk menjadi nomor satu dalam search engine. Ilmu ini sering disebut SEO (Search Engine Optimization).

Banyak sekali ahli-ahli SEO yang ada di negeri kita tercinta, Indonesia. Bahkan saat ada lomba SEO tingkat dunia “SEO World Cup” dengan keyword SEO Busby Test, yang hingga saat ini menduduki peringkat pertama adalah SEO Guru dari Indonesia juga. Wahh…Fantastis ya. Ternyata Indonesia tidak hanya terkenal dengan pembajakannya, namun ada juga sisi positif yang dimiliki bangsa Indonesia. Beri applause…! Mungkin suatu saat nanti kita di Indonesia juga bisa membuat ajang pertarungan SEO untuk para Blogger Indonesia dengan kata kunci “Boikot Roy Suryo” hehe…Siapa yang setuju?

Nah, back to the topic. Memang hal yang wajar jika para blogger ingin menjadi nomor 1 di search engine. Biasanya yang menjadi tolak ukur adalah Google, karena Google merupakan mesin pencari yang paling banyak digunakan hingga saat ini. Saya sendiri sebenarnya bukan “Guru” di bidang SEO dan sebenarnya saya malu membahas hal ini di blog. Siapalah saya, saya hanyalah blogger pemula yang hingga saat ini masih belajar blog dari “Guru- Guru” Blog terkenal Indonesia seperti mas O-OM, Kang Rohman, Mas Fatih Syuhud, dll (Maaf kalo tidak semuanya bisa kesebut atau luput) karena terus terang banyak para ahli blogger Indonesia yang hebat-hebat yang banyak memberi motivasi bagi saya untuk ngeblog.

Tapi sekarang saya memberanikan diri untuk membahas SEO, ya hitung-hitung learning by doing-lah. Ada beberapa langkah dan trik yang perlu kita ambil jika kita ingin menjadi terkenal di search engine, antara lain:

1. Pemilihan keyword yang baik. Keyword sangat menentukan tingkat SEO blog kita di Google. Usahakan memilih keyword yang unik dan familiar. Banyak tools yang bisa digunakan untuk mencari keyword yang baik seperti keyword elite (www.keywordelite.com), Good Keywords Tool (www.goodkeywords.com), dan masih banyak lagi yang lainnya. Anda juga bisa menggunakan google.com untuk mencari keyword yang tepat untuk blog anda.

2. Langkah yang harus diambil jika anda baru memiliki blog adalah mendaftarkan blog anda ke search engine. Ada berbagai macam tool yang bisa digunakan untuk mendaftarkan blog anda ke search engine, salah satunya anda bisa menggunakan http://submitexpress.com/ dimana anda bisa mendaftarkan blog anda secara bersamaan ke 40 situs pencari. Namun, kembali lagi ke masalah awal bahwa hingga saat ini google masih menjadi mesin pencari favorit maka anda harus memastikan dengan baik bahwa blog anda sudah terdaftar di google. Bagaimana caranya? Untuk membahas cara mendaftarkan blog anda ke google, saya akan membahasnya lebih lanjut (sabar ya… )

3. Salah satu hal yang juga mempengaruhi SEO adalah keseriusan kita dalam mengelola blog. Artinya, jika anda baru memiliki blog, maka anda harus selalu merawat website anda dan meng-update konten secara berkala. Setiap konten atau posting-an di sarankan minimal 200 kata. Anda jangan ragu untuk membahas hal yang sudah pernah diposting oleh blogger lain, yang penting gak jiplak (nyontek). Bahasa yang anda gunakan juga harus bahasa anda. Mesin perayap google (spider) akan sangat membenci blog plagiat yang hanya bisa copy paste aja. Pede aja lah.

4. Salah satu langkah salah bagi new blogger adalah ketika kita gelap mata memasang berbagai macam iklan dan banner berbayar di blog kita. Secara tidak langsung hal tersebut akan mengurangi nilai blog anda di mata google dan tentu saja menurunkan level anda di google. Hal ini juga sempat saya alami, maklum…. Tapi setelah saya membersihkan blog saya dari segala macam iklan dan banner, level saya dah mulai naik. Anda bisa mencoba dengan keyword “YM Online Button” Mungkin blog saya masih masuk 10 besar di halaman pertama google. Kalo tidak ada di halaman pertama mungkin saya harus merawat blog ini dengan lebih baik lagi. Saya tidak menyangkal kalo saya juga masih amatiran di bidang blog dan nge-blog, atau kata lainnya saya ini masih goblog nge-blog. Gambar di bawah ini saya ambil tanggal 3 Feb 2009 untuk keyword “YM Online Button”

5. Langkah yang berikutnya adalah berdoa. Jika semua usaha sudah anda lakukan, langkah terakhir adalah berdoa.

Nah kira-kira begitulah bahasan saya mengenai Teknik SEO, namun sekali lagi, saya bukan ahli SEO atau Guru SEO jadi mohon maaf jika postingan saya ini ternyata tidak sesuai dengan yang anda ketahui. Mudah-mudahan lain waktu (dengan bermodal kenekatan dan sok tau) orang bodoh ini bisa berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang Misteri Google Page Rank, Tips dan Trik Blogspot, Joomla, CMS dan Bisnis Online. Terimakasih atas waktu anda memba
ca postingan ini sampai titik terakhir. Titik.

0 komentar:

Posting Komentar